Pernah mendengar Zoho? Ini adalah aplikasi seperti Microsoft Office berbasis web. Menggunakan Zoho, Anda bisa membuat dan berbagi dokumen. Tapi jangan salah, web ini juga bisa dipakai lebih dari sekedar membuat dokumen dan sharing, tapi juga dijadikan tool manajemen untuk mengontrol pekerjaan atau proyek yang sedang ditangani. Sehingga pekerjaan bisa selesai sesuai waktunya, bahkan meski lokasi anak buah Anda tersebardi banyak tempat.
Ambil contoh misal salah satu anggota keluarga Anda akan mengadakan pesta pernikahan. Anda kebagian tugas sebagai ketua panitia. Namun masalahnya, anggota keluarga yang masuk dalam daftar kepanitiaan tersebar di beberapa daerah sehingga tak mudah untuk mengumpulkannya. Nah, dengan Zoho ini Anda akan mengatur dan memonitor persiapan pesta pernikahan tersebut.
Caranya?
Pertama buka http://www.zoho.com dan daftar bagi yang belum memiliki akun di sana.
Selanjutnya, pertama kita mulai mempersiapkan time schedule, panitia, anggaran, daftar tamu, dst. Ini sebagai rancangan pesta pernikahan yang akan diadakan.
- Buka http://sheet.zoho.com. Tampilan spreadsheet pun akan muncul. Masukkan username dan password jika diminta.
- Di halaman spreadsheet yang kosong, pada tab di atas tulis misalnya “time schedule”.
- Lalu tulis misalnya “no”, “acara”, “penanggung jawab”, “waktu”, dst. Di sini ditulis semua kegiatan yang akan dilakukan secara rinci. Tak akan sulit untuk melakukannya karena seperti ketika menggunakan Microsoft Excel.
- Hal yang sama dilakukan untuk sheet panitia, anggaran, undangan, dst. Tulis secara rinci semua kebutuhan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.
- Jangan lupa sering tekan tombol “Save” untuk menyimpan setiap dokumen yang sudah dibuat.
- Setelah itu beri nama untuk setiap task/tugas dari task list “lamaran”, serta tentukan juga siapa yang mengerjakannya serta waktunya. Jangan lupa klik save task.
- Untuk menambahkan task list, klik “New Task List” dan isi misalnya dengan “lamaran” atau yang lainnya.
- Anggota panitia bisa masuk ke zoho.com untuk melihat dan melaporkan setiap perkembangan tugasnya dengan mengklik pada task tersebut.
- Berikan laporannya dengan mengklik “%Completed” dan disesuaikan dengan tingkat penyelesaian tugas. Lalu klik update task.
Di samping itu, Anda juga bisa berbagi dokumen dengan mengklik tab document. Misalnya Anda bagikan daftar di spreadsheet mengenai keseluruhan rancangan kegiatan pernikahan tersebut kepada seluruh anggota panitia.
Dengan zoho, persiapan acara pernikahan yang akan diselenggarkan bisa berjalan lancar, meski anggota panitianya tersebar di berbagai daerah. Mau mencobanya?
0 komentar:
Posting Komentar